Minggu, 03 Maret 2013

SEMANGAT SENIN & UPACARA BENDERA




Apa kabar Mitra Muda........? Besok hari Senin nih.... Biasanya segala aktivitas awal pekan dimulai di hari Senin. Semangat!!! Nah, bagi teman-teman yang masih sekolah biasanya di pagi Senin adalah upacara.

Upacara bendera adalah rutinitas yang hampir dilakukan oleh setiap sekolah pada hari Senin. Saat para siswa mengikuti uapaca bendera, biasanya mereka kesal karena capek berdiri lama-lama, kepanasan, punggung terasa pegal, dan lain sebagainya. Betul?

Tapi nih Mitra Muda, dengan pengorbanan tersebut apakah kegiatan upacara berdera ada manfaatnya? Pasti ada.
Upacara menjadi instrumen yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai tertentu, antara lain :

1. Menumbuhkan Potensi Kepemimpinan.
Biasanya setiap siswa secara bergilir diberi kesempatan untuk tampil memimpin upacara. Sebagai pemimpin upacara mereka dituntut untuk mampu tampil memimpin upacara, mampu untuk memberkan aba-aba tertentu, dalam satu ajaran sekolah kalian
dapat memperoleh kesempatan sekali memimpin teman kalian.

2. Membangun Rasa Percaya Diri
Experience is the best teacher, kata pepatah dari sebrang. Pengalaman membuktikan sebagian siswa masih mengalami demam panggung ketika harus tampil memimpin. Tapi, biasanya "grogi"
akan hilang saat mendapat giliran untuk yang kedua kalinya atau seterusnya.

3. Membiasakan Hidup Tertip dan Disiplin
Pada kegiatan upacara, terdapat aba-aba, ketertiban, disiplin baris berbaris dan tata cara yang baku untuk peran pemimpin dan yang dipimpin. Ketika seseorang berperan memimpin harus bisa memainkan peran sesuai posisinya. Begitu juga yang berposisi sebagai yang dipimpin.

4. Belajar Bersosial Dengan Lingkungan
Dari kegiatan upacara diharapkan tumbuh kesadaran bahwa pada setiap kelompok sosial, demi tertip sosial terdapat aturan atau norma yang bersifat memaksa sebagai konsekuensi harus memasuki suatu kelompok sosial.

5. Menumbuhkan Semangat Kebersamaan
Gerakan dari yang diaba-abakan oleh pemimpin upacara secara bersama-sama, hal demikian diharapkan menumbuhkan kesadaran akan kebersamaan.

6. membangun Sikap Tenggang Rasa
Ketika tampil memimpin tak semudah menerima atau melaksanakan aba-aba. Pengalaman-pengalaman seperti ini akan menumbuhkan kesadaran tenggang rasa, sikap menghargai.

7. Belajar Bertanggung Jawab
Terdapat sejumlah hal yang harus dilaporkan seperti jumlah, kurang, hadir dan keterangan masing-masing yang berhalangan hadir. Pemimpin harus secara akurat melaporkan kepada guru.
Yang demikian maksudnya adalah untuk menumbuhkan sikap koreksi dan tanggung jawab.

Oleh karena itu, Mitra Muda jangan sampai malas-malasan jika hari Senin tiba, jangan menggerutu. Semangat Pagiii....... The Spirit of Bungo!!!
(imr.)

2nd Anniversary Radio gema Bungo FM

Best Ffriend's